Berawal dari adanya pemikiran bahwa mendidik sumber daya manusia tidak hanya untuk memiliki kemampuan menerapkan teknologi dalam sektor manufaktur saja,  akan tetapi juga mampu menghasilkan teknologi inovatif. Sedangkan hingga saat ini, sumber daya manusia dengan klasifikasi tersebut di atas jumlahnya masih sedikit.

Untuk dapat melakukan inovasi, dibutuhkan kemampuan analisis secara mendalam akan teknologi. Untuk menghasilkan sumber daya manusia yang mampu mengintegrasikan teknologi ke dalam permasalahan dunia nyata membutuhkan jenjang pendidikan Strata 2 (S2). Pendidikan S2 merupakan kelanjutan dari pendidikan S1, dengan harapan bahwa melalui jenjang pendidikan ini, perguruan tinggi di Indonesia dapat menghasilkan lulusan yang menguasai State of the Art dan Best Practices di bidangnya. Lulusan S2 diharapkan memiliki spesialiasi di bidang yang digelutinya, dan memiliki kompetensi untuk mendesain dan menginovasi solusi baru untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

Dalam rangka menghasilkan sumber daya manusia yang berkemampuan dalam menerapkan dan menghasilkan teknologi tepat guna secara terintegrasi, maka lahirlah program studi S2 Teknik Industri Universitas Telkom yang selalu akan berupaya menyediakan SDM yang sesuai dengan kebutuhan industri.