General Information

Pendidikan program magister Teknik Industri Universitas Telkom merupakan perpaduan disiplin manajemen dan keteknikan, yang pembelajarannya diarahkan untuk menghasilkan Sumber Daya Manusia berbasis Teknik Industri yang memiliki kemampuan analitis dan manajerial dalam memecahan berbagai masalah dalam bidang yang terkait dengan aspek perancangan, penerapan, serta perbaikan atas sistem kerja/operasi, yang terdiri atas manusia, peralatan, bahan, proses dan metode kerja, energi, serta informasi, baik di sektor manufaktur maupun sektor jasa.

TUJUAN PROGRAM STUDI

  1. Menghasilkan lulusan yang professional dan memiliki kompetensi dalam merancang, mengelola dan mengembangkan industri secara efektif dan efesien berbasis teknologi informasi.
  2. Menghasilkan karya penelitian yang berkualitas dan inovatif dalam bidang teknik industri yang terintegrasi dengan teknologi informasi.
  3. Menghasilkan kegiatan-kegiatan pengabdian masyarakat yang terintegrasi dengan teknologi informasi dan terjalinnya kemitraan secara professional, berkelanjutan dalam bidang keilmuan teknik industri.

Magister merupakan jenjang pendidikan Strata-2 (S-2).  Menurut Keputusan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia No. 036/U/1993 tentang Gelar dan Sebutuan Lulusan Perguruan Tinggi, maka gelar akademik yang untuk program magister ditulis di belakang nama lulusan program studi Magister. Gelar lulusan program magister Teknik Industri Universitas Telkom adalah Magister Teknik (M.T).

Pendidikan S2 Teknik Industri Universitas Telkom didirikan dengan maksud untuk menjawab kebutuhan industri Nasional baik di sektor manufaktur maupun sektor jasa akan Sumber Daya Manusia berbasis Teknik Industri yang memiliki kemampuan pemecahan masalah dalam bidang proses produksi yang efektif dan efesien, dan memberikan nilai tambah pada mata rantai industri yang memiliki daya saing industri. Harapan ini dimaksudkan untuk memberikan solusi terhadap kondisi “missing middle” (hilangnya lapisan tengah) yakni banyaknya SDM di bidang Teknik Industri yang kurang produktif dan inovatif, yang menjadikan kontribusi sektor manufaktur terhadap pertumbuhan ekonomi nasional, menjadi kurang signifikan.

Agar dalam pelaksanaan pembelajarannya dapat efekttif dan efisien, maka Program studi S2 Teknik Industri,  mengkonsentrasikan pada 3 (tiga) program peminatan studi  yang terdiri dari:

  1. Manajemen Logistik dan Rantai Pasok
  2. Sistem Informasi Enterprise
  3. Manajemen Industri

Jumlah SKS dirancang sebanyak 39 SKS yang terdiri dari mata kuliah wajib dan mata kuliah pilihan sesuai dengan jalur peminatan studi yang menawarkan Program Fast Track, Program Sertifikasi Kompetensi, dan Program Joint Degree.